Mengenal Beasiswa S2 Khusus Untuk PNS

Ada banyak sekali beasiswa S2 khusus untuk PNS. Beasiswa ini diperuntukkan bagi PNS yang memang ingin menuntut ilmu dan meningkatkan kapasitas sebagai pelayan publik dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Dalam artikel ini saya hanya fokus membahas beasiswa khusus S2 saja.

Saya sendiri kekurangan informasi terkait beasiswa untuk tingkat S1. Setahu saya, ada beasiswa Pendidikan Ilmu Kepegawaian yang disediakan oleh Badan Kepegawaian Negara dan Beasiswa STAR yang disediakan oleh BPKP.

Sayangnya, saya kekurangan informasi apakah beasiswa ini rutin disediakan setiap tahunnya atau tidak. Karena itu, saya fokus pada pembahasan beasiswa S2 saja.

Apa Keuntungan Beasiswa Khusus untuk PNS?

Terdapat sejumlah keuntungan dan kelebihan bila anda mendaptkan beasiswa yang memang dikhususkan untuk PNS.

1. Ada beberapa kemudahan yang diberikan

Karena tujuannya adalah untuk mengembangkan SDM yang nantinya kan mengabdi langsung kepada pemerintah, maka tidak jarang pemerintah memberikan beberapa kemudahan untuk jenis beasiswa ini.

Sebut saja, IPK diperbolehkan sedikit lebih rendah dari syarat umumnya, atau nilai TOEFL yang diizinkan di bawah batas standar.

Hal ini bertujuan memacu semangat ASN untuk lebih semangat lagi dalam menempuh pendidikan yang lebih tinggi.

2. Anda hanya akan bersaing dengan sesama PNS

Saya sebenarnya kurang yakin untuk menyebutkan apakah ini sebuah keuntungan atau kerugian. Tapi, dari sudut pandang pribadi saya, ini adalah sebuah keuntungan.

Bersaing dengan sesama pegawai yang sudah bekerja selama beberapa tahun tentu akan berbeda tingkatannya dengan bersaing dengan anak-anak muda yang baru saja lulus dengan ilmu yang lebih mukakhir dan canggih.

Saya merasa akan lebih menguntungkan jika bersaing dengan sesama PNS yang sudah bekerja beberapa tahun dan sama-sama memiliki pengalaman kerja dibandingkan bersaing dengan anak muda yang memiliki ilmu yang masih segar.

keuntungan beasiswa untuk PNS

3. Cakupan beasiswa tergolong cukup

Harus anda ketahui, beasiswa biasanya tergolong dalam 2 jenis; beasiswa parsial dan beasiswa penuh. Beasiswa parsial hanya menanggung sebagian dari kebutuhan perkuliahan. Sebaliknya, beasiswa penuh menanggung keseluruhan biaya yang dikeluarkan bahkan terkadang disediakan fasilitas tambahan.

Sejauh yang saya tahu (semoga saya tidak salah) beasiswa pemerintah selalu cukup untuk memenuhi kebutuhan perkuliahan. Saya pribadi belum pernah mendengar ada PNS yang kesulitan menyelesaikan perkuliahannya karena alasan biaya.

Kalaupun ada yang kesulitan, hal ini bukan karena nilai beasiswa yang kurang. Tetapi lebih kepada pengelolaan uang beasiswa yang kurang rapi.

4. Terdapat sejumlah fasilitas tambahan

Tidak hanya sekadar beasiswa, ada fasilitas lain yang disiapkan oleh pemerintah untuk menunjang kesuksesan mahasiswa dalam menjalankan perkuliahan.

Contohnya saja, ada persiapan training keberangkatan sebelum kuliah ke luar negeri atau kelas intensif persiapan bahasa.

Fasilitas tambahan seperti ini sangt membantu seorang PNS dalam menyelesaikan studi.

5. Jaringan alumni yang kuat

Jangan berpikir ketika anda mendapatkan beasiswa khusus untuk PNS, anda hanya akan berada dalam lingkungan yang biasa-biasa saja.

Pemerintah terus memfasilitasi alumni program beasiswa yang mereka kelola melalui berbagai forum atau pertemuan seperti kongres, karya ilmiah, Focus Group Discussion, ataupun seminar dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dari alumni itu sendiri.

Anda akan berada dalam lingkungan yang positif, penuh semangat, dan kaya dengan ilmu pengetahuan. Anda juga bisa membangun jejaring kerja yang tentunya bermanfaat untuk karir anda ke depan.

Banyak beasiswa pemerintah yang terus mengadakan forum alumni untuk menjaga dan meningkatkan kualitas dari alumni sekaligus terus menjalin silaturahmi antar sesama peraih beasiswa.

Beasiswa S2 Untuk PNS

1. New Zealand Award Scholarship (NZAS)

NZAS merupakan beasiswa yang diberikan pemerintah kepada negara-negara tertentu khususnya negara berkembang sebagai bentuk kepedulian untuk peningkatan kapasistas sumber daya manusia.

Harus saya garisbawahi, beasiswa ini tidak hanya untuk PNS tetapi juga diperbolehkan untuk non-PNS. Hanya saja, penerima beasiswa diwajibkan memberikan kontribusi langsung setelah lulus kepada negara asal selama minimal 2 tahun.

Jadi, anda wajib kembali ke negara asal dan bekerja minimal selama 2 tahun bila telah mendapatkan beasiswa ini. Hal ini merupakan tujuan dari pemberi beasiswa untuk mencetak SDM yang memang memiliki manfaat langsung kepada negaranya.

Karena itu, saya menggolongkan beasiswa ini termasuk cocok untuk PNS. Hal ini karena memang PNS sendiri sudah pasti bekerja langsung untuk masyarakat dan negara setelah lulus nanti.

Saya sendiri sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti beasiswa ini tahun depan. Doakan semoga memang rezeki ya!

Tautan informasi: beasiswa NZAS

Jadwal pendaftaran : Februari – pertengahan Maret

Jenis beasiswa : pembiayaan penuh

beasiswa NZAS

2. Korea International Cooperation Agency (KOICA)

Bila anda pecinta korea dan segala hal yang terkait dengan budayanya, ini adalah beasiswa yang sangat cocok untuk anda.

Korea merupakan salah satu negara maju di Asia yang mulai membantu negara-negara berkembang lainnya, salah satunya Indonesia.

Beasiswa KOICA merupakan beasiswa yang disediakan sebagian besar untuk PNS. Hal ini dikarenakan tujuan KOICA sendiri ingin meningkatkan SDM pada bidang pemerintahan.

Melalui KOICA, pemerintah Korea memberikan bantuan kepada para aparatur negara yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan khususnya di negeri ginseng ini.

Ada banyak jenis jurusan yang diakomodasi oleh KOICA. Mulai dari ekonomi, sosial, kebijakan publik, hingga teknologi informasi.

Setiap tahunnya, ada sekitaran 10-15 orang yang diterima pada beasiswa ini. Dan dari yang saya tahu, 95 persen dari penerimanya adalah PNS.

Semoga jumlah penerima beasiswa ini terus bertambah setiap tahunnya.

Tautan informasi resmi: beasiswa KOICA

Jenis beasiswa : Pembiayaan penuh

Waktu pembukaan : Beda-beda tergantung kampus dan jurusan. Pantau terus jadwalnya pada fanpage KOICA ya.

beasiswa KOICA

3. Beasiswa Bappenas

Salah satu beasiswa favorit PNS adalah beasiswa dari Bappenas ini. Setiap tahunnya, Bappenas selalu menyediakan beasiswa dengan jumlah yang besar bagi para PNS yang ingin meningkatkan kapasitas dirinya.

Beasiswa Bappenas sendiri terdiri dari 3 macam; beasiswa dalam negeri, beasiswa luar negeri, dan beasiswa linkage (kerjasama dalam negeri dan luar negeri).

Anda bisa memilih beasiswa mana yang cocok dengan kondisi anda saat ini. Pilihan universitasnya pun beragam. Ada yang di Pulau Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.

Untuk luar negeri, ada pilihan untuk melanjutkan studi di Jepang, Australia, bahkan Eropa.

Jurusan yang disediakan pun sangatlah beragam. Mulai dari ekonomi, tata kota, hingga kebijakan publik.

Dalam setahun, biasanya, beasiswa ini dibuka dua hingga tiga gelombang tergantung ketersediaan kuota dan pendaftar.


Tautan pendaftaran : pusbindiklatren BAPPENAS

Jenis : beasiswa penuh

Waktu pendaftaran : Gelombang I biasanya dibuka awal agustus setiap tahunnya. Gelombang berikutnya menyesuaikan.

4. Beasiswa LPDP untuk PNS

Saya pikir, tidak ada pemburu beasiswa yang tidak mengetahui beasiswa ini. Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) merupakan penyedia beasiswa terbesar yang ada di Indonesia. Dengan dukungan dana yang sangat besar, LPDP hadir untuk mewujudkan impian banyak orang di Indonesia.

Kabar baiknya, LPDP juga menyediakan beasiswa dengan jalur khusus untuk PNS, TNI, dan Polri.

Anda bisa memanfaatkan jalur ini karena tentu saja peluang anda sebagai PNS akan jauh lebih besar untuk lulus daripada bersaing di jalur umum.

Dengan beasiswa LPDP, anda bisa mewujudkan impian anda untuk kuliah di kampus manapun dan negara manapun tanpa khawatir dengan biaya.

Asyik bukan?

Tautan pendaftaran: LPDP

Jenis : pembiayaan penuh

Waktu pendaftaran : bisa berubah terus setiap tahunnya. Pastikan anda terus memantau informasi resmi.

beasiswa LPDP

5. Beasiswa Kemkominfo

Bila anda merupakan PNS yang fokus pada bidang teknologi, informasi, dan komunikasi, maka beasiswa ini tidak boleh anda lewatkan.

Setiap tahunnya, Kemkominfo selalu menyediakan beasiswa untuk PNS yang memang bekerja pada bidang TIK.

Beasiswa ini menyediakan pilihan bagi peminatnya untuk menempuh pendidikan baik di dalam ataupun luar negeri.

Perlu anda catat, tidak beasiswa kominfo tidak hanya untuk yang tertarik dengan teknologi, tetapi juga komunikasi.

Jadi, anda yang dulunya memiliki latar belakang seperti Ilmu komunikasi bisa memanfaatkan beasiswa ini

Tautan resmi : Balitbang Kominfo

Jenis beasiswa: pembiayaan penuh

Waktu pendaftaran : biasanya pada awal bulan maret, tergantung jurusan.

Beasiswa Kemkominfo

6. Beasiswa dari Pemerintah Brunei Darussalam

Brunei Darussalam adalah salah satu negara yang memberikan penawaran khusus kepada PNS Indonesia untuk melanjutkan studi tingkat magister dengan pembiayaan penuh.

Bila anda tertarik untuk melanjutkan studi di negara yang tidak terlalu jauh dari Indonesia, maka Brunei bisa menjadi pilihan.

Tautan resmi: http://mfa.gov.bn/site/home.aspx

Jenis beasiswa : pembayaan penuh

Jadwal beasiswa : Januari – Februari tiap tahunnya

7. Beasiswa dari Pemerintah Thailand

Pemerintah Thailand melalui Thailand International Cooperation Agency (TICA) juga rutin menawarkan beasiswa untuk PNS Indonesia.

Sebagai negara yang terkendal dengan kondisi pangan yang baik, tidak ada salahnya anda menjadikan Thailand sebagai negara tujuan studi untuk jenjang magister.

Tautan resmi: Thailand International Cooperation Agency

Jenis pembiayaan : pembiayaan penuh

Jadwal: Januari-Maret

8. Lee Kuan Yee School of Public Policy

Singapura adalah sebuah negara yang terkenal dengan kualitas pendidikannya. Tidak hanya di Asia, banyak kampus ternama di Singapura yang masuk dalam jajaran 50 besar universitas terbaik dunia.

Menjadikan Singapura sebagai negara tujuan studi tentunya adalah sebuah pilihan yang sangat menarik,

Setiap tahunnya, Lee Kuan Yee School of Public Policy menyediakan beasiswa khusus untuk PNS. Sesuai dengan namanya, maka universitas ini hanya menyediakan jurusan yang terkait dengan kebijakan publik.

Sangat cocok untuk para PNS, bukan?

Tautan resmi: Lee Kuan Yew School of Public Policy

Jenis beasiswa: pembiayaan penuh

Jadwal beasiswa: Oktober-Desember

9. Mext Young Leader’s Program

Sebenarnya, beasiswa Mext ini sangat banyak ragamnya. Tetapi, khusus program ini, saya menemukan hal menarik bahwa memang hanya dikhususkan untuk PNS saja,

Mengapa? Karena di syarat-syarat sudah disebutkan bahwa pelamar minimal memiliki pengalaman 3 tahun (di rekomendasikan 5 tahun) mengabdi di sektor publik. Artinya, secara tidak langsung program ini memang sangat ditujukan untuk PNS.

Jurusan yang ada di program ini sebagian besar berkaitan dengan kebijakan publik (public policy), administrasi publik (administration public), administrasi bisnis hukum, dan administrasi sistem kesehatan (healthcare administration), dll.

Tautan resmi: Mext Young Leadership’s Program

Jenis beasiswa: pembiayaan penuh

Jadwal beasiswa: Oktober (bisa berubah tergantung kampus dan jurusan, pastikan anda selalu memeriksa website resmi)

Risiko Beasiswa Khusus PNS

Jadi, sudah sangat semangat untuk mendapatkan beasiswa khusus untuk PNS?

Tapi anda juga harus tau ada risiko lain yang harus anda terima bila mendapatkan beasiswa jenis ini.

Setiap PNS yang dibiayai negara untuk melanjutkan pendidikan harus siap menandatangani kontrak perjanjian tugas belajar.

Isi dari kontrak tersebut adalah bersedia mengabdi kembali menjadi PNS minimal selama 2n+1, n adalah lama waktu kuliah.

Sudah bukan rahasia lagi, banyak sekali mahasiswa Indonesia yang mendapatkan beasiswa tetapi memilih tetap di luar negeri untuk lanjut bekerja.

Bila ini adalah beasiswa yang bukan dibiayain negara asal, maka tentu tidak ada masalah.

Lain hal dengan beasiswa yang dibiayai oleh negara. Anda tidak bisa main kabur begitu saja karena mendapatkan kesempatan kerja yang lebih baik di luar negeri.

Untuk itulah kontrak perjanjian ini dibuat. Bila anda tidak segera kembali bekerja di Indonesia setelah masa perkuliahan selesai, atau memilih pekerjaan di luar negeri saat anda masih memiliki perjanjian, anda akan dikenakan denda atau tuntutan ganti rugi oleh negara.

Hal ini sebagai bentuk kompensasi dari beasiswa yang sudah anda dapatkan.

Nilainya berapa? Ratusan juta hingga miliaran rupiah. Tergantung anda mendapatkan beasiswa apa. Bila anda berhasil kuliah di luar negeri dengan beasiswa pemerintah, bisa dipastikan biaya tuntutan ganti ruginya akan sangat mahal.

Risiko beasiswa untuk PNS

Penutup

Ada banyak lagi sebenarnya beasiswa yang memang dikhususkan untuk PNS. Setahu saya, setiap instansi juga memiliki beasiswa internal yang memang dikhususkan untuk pengembangan pegawai, baik untuk perkuliahan dalam negeri atau luar negeri.

Lima jenis beasiswa di atas merupakan beasiswa yang lazim didapatkan oleh para PNS. Ada banyak sekali jenis beasiswa yang bertebaran di luar sana.

Saya sendiri sedang mempersiapkan diri untuk mendapatkan salah satu dari beasiswa di atas. Beasiswa NZAS dan KOICA adalah dua target utama saya.

Bagi anda yang sedang berjuang untuk beasiswa, semoga mendapatkan hasil yang terbaik ya.

Catatan: tidak semua beasiswa di atas khusus untuk PNS. Terkadang, aktivis ataupun peneliti bukan PNS pun bisa mendapatkannya. Saya hanya merangkum peluang dari berbagai beasiswa yang kemungkinan besar menargetkan PNS.