Meraup Ribuan Follower Instagram dalam 1 Minggu Lewat Photo Challenge, Mau ? [Studi Kasus]

Kalau judulnya begini, pasti dh banyak yang baca artikelnya hehe šŸ˜€ Tapi tenang dulu, baca artikel ini pelan-pelan dan utuh ya. Biar anda tidak salah kaprah. Di artikel ini, saya akan berbagi report sebuah Photo Challenge yang baru saja saya laksanakan. Berkat Photo Challenge ini, saya mendapatkan tambahan 10.000 lebih Followers Instagram secara gratis dalam jangka waktu satu minggu. Saya juga mendapatkan merchandise produk-produk dari sang sponsor. Asik atau asik ?

Banyak sekali sebenarnya cara untuk meningkatkan follower instagram yang bisa kita lakukan. 7 Cara ampuh meningkatkan follower instagram bisa anda baca pada artikel saya berikut ini. Silakan anda baca dulu artikel tersebut ya. Nah, salah satu cara meningkatkan follower intagram adalah dengan mengadakan kuis. Photo Challenge merupakan salah satu model kuis yang paling banyak diadakan oleh pelaku instagram marketing. Pada dasarnya, Photo Challenge merupakan salah satu model kuis instagram dimana kita akan memberikan tantangan pada follower dan meminta mereka melakukan sesuatu, entah itu like, komen, atau posting dengan ketentuan yang sudah kita tetapkan sebelumnya. Tujuannya ? Jelas untuk menciptakan viral dan meraup follower sebanyak mungkin.

Tentu ada harga yang harus dibayar untuk melakukan Photo Challenge ini, nah disini ada 2 sudut pandang yang harus anda pahami. Yaitu sudut pandang sebagai buzzer instagram, dimana anda memiliki akun instagram dengan jumlah follower yang besar,dan sudut pandang sebagai sponsor photo challenge, dimana anda harus mengeluarkan budget yang cukup besar untuk melakukan event seperti ini, Paham ? Yuk lanjut baca artikelnya.

Persiapan Photo Challenge

Oke, jadi kita mulai aja ceritanya ya. Pada Photo Challenge ini, saya diajak oleh salah satu brand produk adventure besar di Indonesia sebagai Buzzer event sekaligus juri. Event Photo Challenge dilaksanakan dalam jangka waktu satu minggu saja, tapi 2 minggu sebelum pelaksanaan saya sudah dihubungi oleh sponsor. Nah, brand ini ternyata tidak hanya mengajak saya saja. 4 admin akun travelling dengan follower di atas 100 ribu juga diajak dalam event ini. Dan kami semua para admin juga diajak untuk menjadi juri pada event ini, masing-masing kami berhak menentukan 1 orang pemenang. Penyelenggara sendiri menentukan juara Photo Challenge dengan kriteria mereka.

Apa saja yang dipersiapkan oleh sang sponsor dalam penyelenggaraan event ini ?

  1. Desain banner untuk promosi beserta script promosi

Jadi kami para buzzer hanya bertugas posting saja, banner dan caption sudah disiapkan.

  1. Hadiah untuk para buzzer dalam bentuk barang dengan total sekitar 5 jutaan

Kami diberikan merchandise berupa produk-produk dari sponsor. Alhamdulillah rejeki anak sholeh ya :3

  1. Hadiah untuk pemenang dalam bentuk barang dan uang dengan total sekitar 6 jutaan

Para buzzer bertugas untuk memilih pemenang dan pemenang utama dipilih oleh sponsor sendiri dengan hadiah utama yang lebih besar dari hadiah lainnya.

3 Hal di atas mesti disiapkan oleh sponsor untuk kami para buzzer. Bagaimana dengan tugas para buzzer ? Ya jelas tugasnya hanya posting doang dan menentukan pemenang hihihi. Tugas saya hanya posting dan membuat lomba menjadi lebih seru melalui permainan desain dan copywriting. Siapkan koneksi internet yang kuat aja biar bisa posting dengan lancer hehehe.

Pelaksanaan

Untuk pelaksanaan event Photo Challenge, sebenernya hanya posting dan menunggu saja. Follower kalau udah ditawarin Photo Challenge apalagi gratis mah pasti rame yang ikut. Hanya saja, saya melakukan beberapa tahapan agar Photo Challenge ini berlangsung lebih seru dan menarik banyak peserta. Bagaimana caranya ?

  1. Siapkan Spoiler

Saya membuat beberapa postingan seperti gambar di bawah agar lebih menarik perhatian follower. Dengan memberikan spoiler seperti itu ? Mereka tentunya akan lebih siap dan lebih aware dengan adanya Photo Challenge. Berikan kalimat call to action yang jelas agar mereka lebih menarik perhatian meereka.

Spoiler Photo Challenge Instagram
Spoiler Photo Challenge Instagram
  1. Posting promosi info Photo Challenge secara berkala dengan permainan copywriting

Dalam waktu pelaksanaan Photo Challenge, posting lah script promosi secara teratur setiap hari. Jangan lupa posting juga perkembangan lombanya ; sudah berapa orang peserta yang ikut, posting juga foto peserta yang anda nilai bagus disertai kata-kata promosi untuk mengajak follower yang lain turut serta, posting juga foto hadiah agar orang lebih semangat untuk ikutan, dan cara-cara lain yang mungkin bisa menggaet peserta dan mebuat viral lebih banyak.

Hasil Lomba

Setelah seminggu pelaksanaan Photo Challenge tentu kita akan melihat dampaknya bagi akun kita. Bagi follower yang beruntung, jelas mereka akan mendapatkan hadiah yang sudah dijanjikan. Tapi bagaimana dampak Photo Challenge bagi kami para buzzer dan sponsor ?

  1. Pertambahan Follower sekitar 10.000an dalam jangka waktu 1 minggu untuk para buzzer. Saya sendiri mendapatkan sekitar 10.000 follower dalam waktu seminggu pelaksanaan Photo Challenge ini akibat viral yang diciptakan oleh peserta. Tapi maaf ga ada screenshot dan statistik nya yahhh -__- Saya lupa screenshot soalnya. Ga kepikiran kalau bakal bikin tulisan ini. Yang saya ingat cuma jumlah pertumbuhan followernya saja hehe.
  2. Pertumbuhan follower sekitar 4800an bagi sponsor. Bagi sponsor yang pada dasarnya merupakan online store, pertumbuhan 4800an follower merupakan jumlah yang sangat besar. Bisa dipastikan 4800an itu adalah market yang sangat-sangat tertarget dan berpotensi untuk menjadi konsumen di masa yang akan datang. Percayalah, jumlah 4800 follower adalah jumlah yang besar bagi sebuah online store.
Jumlah follower instagram sebelum Photo Challenge
Jumlah follower instagram sponsor sebelum Photo Challenge
Jumlah follower instagram setelah Photo Challenge
Jumlah follower instagram sponsor setelah Photo Challenge

Penutup

Photo Challenge bisa menjadi alternatif yang sangat baik untuk meningkatkan follower dalam waktu cepat. Baik sebagai buzzer atau sponsor, semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bila anda sebagai sponsor, jangan lupa persiapkan budget untuk membayar buzzer dan pemenang. Bila and di posisi buzzer, perbanyaklah silaturahmi dengan para admin lain. Karena bisa saja mereka akan mengajak anda untuk berpartisipasi menjadi buzzer dalam event kuis. Oo iya, sebelum menjadi buzzer, pastikan anda memilki jumlah follower yang besar ya. Masaā€™ buzzer followernya dikit hehehe.

Oo iya, mumpung saya inget. Sekarang ini adalah eranya berkolaborasi. Sudah buka zamannya lagi menganggap kompetitor sebagai sebagai saingan anda. Berkenalanlah dengan mereka, jalin silaturahmi, belajarlah dari mereka, kalau perlu, ajaklah mereka bekerja sama. Dengan begitu, akan banyak peluang-peluang terbuka dan bukan tidak mungkin akan menjadi sumber income baru bagi anda. Melalui tulisan ini juga, saya ucapkan terima kasih untuk teman-teman admin innstagram yang luar biasa. Berkat Photo Challenge ini, saya belajar banyak dari mereka.

Okehh, sekitan tulisan pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat untuk anda para pebisnis online yang fokus di dunia instagram ya. Silakan tinggalkan komentar apabila ada yang ingin anda tanyakan.