12 Cara Kreatif Menghasilkan Uang Dari Instagram

Banyak orang yang bingung bagaimana caranya menghasilkan uang dari Instagram. Ada yang mengatakan sulit, ada yang bilang sangat mudah.

Penasaran? Tenang, mari kita bahas pada artikel ini!

Instagram adalah salah satu jalan favorit untuk mendapatkan penghasilan di saat ini. Semua orang bisa melakukannya. Syaratnya sederhana sekali, punya smartphone dan kuota internet.

Banyak sekali jalan untuk menghasilkan uang dari Internet. Ada yang mendapatkan uang dari blog, twitter, facebook dan lain-lain.

Sayang sekali kalau anda seorang gadget freak atau internet freak tapi hanya memanfaatkan Internet untuk sekedar bersenang-senang atau stalking mantan saja.

Manfaatkan teknologi yang anda gunakan sebaik mungkin, syukur-syukur kalau bisa digunakan untuk menambah penghasilan.

Pada artikel kali ini, saya akan mencoba membahas bagaimana cara-cara menghasilkan uang dari Instagram. Media sosial yang berdiri tahun 2010 ini bagi saya ibarat tambang emas yang tak ada habisnya.

Jangan menjadi penikmat saja. Ikutlah bermain di dalamnya dan rasakan betapa nikmatnya mengecek transferan bermodalkan Instagram.

Berdasarkan berita terbaru yang saya dengar, salah seorang selebgram muda saat ini bisa berpenghasilan hingga 32 juta per 2 hari hanya dengan endorse produk. Edaaann. Ngiri kan ya ? Sama saya juga kok hehe.

Oo iya, sebelumnya saya tegaskan juga, saya bukanlah selebgram apalagi Milyarder dari Instagram. Saya hanya praktisi Internet Marketing yang sudah 2 tahun ini sedang fokus di dunia Instagram.

Saat artikel ini ditulis, saya mengelola beberapa akun dengan total followers mencapai 460k. Tak banyak, tapi cukup memberikan tambahan pendapatan serta pengalaman.

Banyak lika-liku yang sudah saya lalui sehingga membuat saya cukup tahu celah-celah menghasilkan uang lewat media sosial yang satu ini.

Syarat Menghasilkan Uang Dari Instagram

Jangan terlalu terbuai dengan pembukaan dari saya yang sepertinya indah menghanyutkan. Untuk mendapatkan uang dari Instagram tidaklah mudah.

Ada syarat-syarat dan kondisi yang harus anda penuhi. Mau tidak mau, tenaga, pikiran, ataupun uang anda bisa saja terkuras dalam proses yang akan dilalui nanti.

  1. Kerja keras

Jangan pernah berpikir mereka yang menghasilkan uang dari Instagram melalui proses yang mudah dan menyenangkan.

Tak sedikit dari mereka yang harus begadang dan berpikir keras untuk mengelola akun sebaik mungkin. Ada banyak orang yang menginvestasikan waktu dan berjuang agar bisa menghasilkan.

Kerja keras sangat dibutuhkan, terlebih di saat akun masih dengan jumlah followers yang relatif sedikit.

  1. Kreatif

Instagram merupakan media sosial berbasis visual dimana penggunanya berharap untuk menemukan hal-hal yang bisa memanjakan mata di sana.

Anda juga harus kreatif untuk menemukan cara bagaimana agar akun anda tetap eksis dan disukai oleh para followers.

Tidak usah panik. Ada banyak sekali aplikasi yang bisa mendongkrak kreativitasmu. Amati, tiru, dan modifikasi bagaimana akun besar mengelola akun.

  1. Perangkat yang memadai

Instagram merupakan media sosial yang lebih wah dibandingkan dengan media sosial lainnya.

Untuk bisa menghasilkan gambar yang bagus, setidaknya dibutuhkan Smartphone dengan resolusi kamera yang baik. Menurut saya, 8 MP sudah cukup.

Usahakan juga memiliki Ram 2GB agar tidak membuat Smartphone lemot. Tidak mahal kok, HP dengan kisaran 1,5juta juga sudah banyak yang memadai.

Pastikan juga anda memiliki kuota internet yang lebih dari biasanya karena Instagram sangatlah menyedot penggunaan paket internet. Sepele memang kesannya.

Tapi bagi saya, hal-hal seperti ini penting untuk memudahkan kita dalam proses.

  1. Kemampuan Mengoptimasi Instagram

Segala sesuatu ada ilmunya, termasuk dalam hal ini. Jangan mengira hanya posting sana-sini, anda akan mendapat transferan bertubi-tubi.

Ada banyak hal yang harus anda pelajari diantaranya cara menambah follower Instagram, cara memanajemen konten, cara memilih produk yang akan  dijual, hingga bagaimana cara menyajikan konten yang menarik dan disukai.

Anda bisa mengobrak-abrik blog saya untuk melengkapi dalam memahami artikel ini atau bisa juga mencari referensi lain di Google.

  1. Berani

Ini hal utama yang harus anda tanamkan dalam diri bila ingin mendapatkan uang dari Instagram.

Keberanian anda dalam memulai jualan, keberanian untuk unjuk gigi dengan keahlian yang dimiliki, serta keberanian untuk bertanya kian kemari menjadi pondasi perubahan yang akan terjadi di masa yang akan datang.

Lupakan dulu gengsi dan harga diri yang anda miliki. Kelak, ia akan kembali dengan nilai yang lebih tinggi saat anda menjadi seseorang yang jauh lebih baik dari hari ini.

 Mencari uang di Instagram itu harus tekun, konsisten, dan kreatif.

12 Cara Menghasilkan Uang Dari Instagram

Baik, tanpa basa-basa lagi, silakan baca satu per satu dengan seksama ya.

  1. Membuka Toko Online

Ini cara paling umum yang digunakan oleh banyak orang untuk menghasilkan uang dari Instagram.

Anda bisa membuka toko online sendiri baik dengan posisi sebagai reseller ataupun dropshipper. Carilah produk yang kira-kira dibutuhkan oleh pasar dan jual melalui Instagram.

Anda bisa menggunakan akun pribadi ataupun akun khusus yang dibuat memang untuk berjualan.

Saran saya, selalu pisahkan urusan pribadi dan urusan bisnis untuk menjaga keharmonisan hubungan dengan followers.

Yang harus anda tahu, pengguna Instagram lebih shopaholic dibandingkan pengguna media sosial lain.

 

  1. Membuka Jasa Paid Promote

Jasa paid promote ini sangatlah populer di tahun 2014. Meskipun trend-nya menurun, penggunaan jasa ini tetaplah diminati.

Syarat agar anda bisa membuka jasa paid promote adalah jumlah followers anda harus besar. Biasanya, akun dengan followers 50k sudah banyak yang membuka jasa ini.

Bianya pun variatif, tergantung jenis akun dan tingkat interaksi dari akun tersebut. Saya sendiri selalu mematok biaya minimal 30 persen dari jumlah followers untuk jasa ini.

Cara menghasilkan Uang dari Instagram
Paid Promote Masih Eksis Kok
  1. Menjadi Admin Instagram

Ini merupakan model bisnis dalam Instagram yang bisa dilakukan oleh hampir semua orang. Menjadi admin Instagram merupakan sarana belajar yang sangat baik.

Anda bisa menghubungi pemilik akun-akun besar dan menawarkan diri untuk menjadi admin.

Biasanya, pemilik akun besar ini memiliki akun-akun lain sehingga kewalahan dan tidak maksimal dalam mengelola seluruh akun yang dimiliki.

Saya yakin pemilik akun yang memang memerlukan bantuan dengan senang hati menerima tawaran anda.

Namun, jangan ujug-ujug langsung meminta bayaran dari jasa yang anda tawarkan. Dikasih syukur ga dikasih juga tidak masalah. Tapi cobalah bernegosiasi untuk meminta kepada pemilik akun untuk meminta balas jasa dalam bentuk lain.

Misalnya, meminta izin untuk mempromosikan produk atau jasa yang anda tawarkan 1 kali sehari. Dengan begitu, secara tidak langsung anda akan mendapatkan keuntungan juga bukan ?

Salah seorang sahabat saya yang memiliki banyak akun Instagram pernah menawarkan jasa admin secara tanpa syarat kepada rekan-rekan yang dianggapnya masih kurang dalam penghasilan.

Cukup mengelola akun dengan baik dan segala keuntungan bisa masuk ke kantong admin tanpa dipotong sepeser pun oleh pemilik akun. Memang baik sekali sahabat saya yang satu ini.

  1. Membuka Jasa Optimasi Instagram

Untuk anda yang sudah lama berkecimpung dalam dunia admin Instagram, saya rasa anda bisa memulai membuka jasa optimasi Instagram.

Ada banyak sekali model jasa optimasi yang dibuka, mulai dari jasa konsultasi, jasa menambah follower Instagram, jasa pengelolaan konten, hingga jasa pengelolaan akun.

Mirip-mirip dengan jasa admin memang. Hanya saja, disini anda dituntut untuk lebih profesional dan bertanggung jawab dengan jasa yang ditawarkan.

  1. Membuka Jasa Desain Konten Instagram

Khusus untuk anda yang memiliki keahilan desain, anda bisa menawarkan jasa pembuatan desain konten Instagram kepada akun-akun yang masih jarang memiliki konten original.

Harus saya akui, salah satu masalah terbesar bagi para admin dalam mengelola akun adalah menemukan konten yang khas dan unik dan akan menjadi identitas akun tersebut.

Anda bisa menghubungi akun-akun tersebut dan menawarkan jasa pembuatan konten.

Harga yang diajukan bisa bervariatif tergantung portfolio dan keahlian anda. Biasanya harga berkisar antara 5 ribu rupiah hingga 30 ribu rupiah per desainnya, bisa lebih tergantung tingkat kesulitan.

Bingung bagaimana cara membuat konten instagram yang profesional, mudah, dan bisa menghasilkan rupiah?

Silakan baca artikel saya ini tentang cara mudah membuat konten keren instagram ya. Banyak inspirasi menarik disana!

Jangan sungkan-sungkan menghubungi admin akun-akun besar tersebut. Siapa tahu jodoh 😀 *ehh

  1. Menulis Buku atau Naskah Buku

Hobi menulis ? Mungkin jalur ini paling cocok untuk anda. Silakan tulis naskah buku yang memang siap terbit lalu tawarkan kepada akun-akun Instagram yang relevan.

Misalkan, anda adalah seorang tenaga medis. Tulislah buku-buku tentang kesehatan dan tawarkan untuk diterbitkan memakan nama akun Instagram bertema kesehatan yang memang sudah memiliki follower besar.

Biasanya, akun-akun dengan followers di atas 100k sudah banyak ditawari untuk menjadi penulis oleh para penerbit.

Akun-akun dengan jumlah followers besar pun bisa dengan mudah menembus Gramedia atau toko buku lainnya karena dianggap populer sehingga memperbesar peluang sebuah buku untuk menjadi Best Seller !

Bila memang sudah deal, tentukan pula dengan jelas berapa keuntungan yang akan anda dapatkan.

Jangan hanya ikhlas saja asalkan buku terbit. Penulis adalah pekerjaan mulia yang berhak dihargai hasil keringatnya.

Misalkan, sepakati bahwa naskah dibeli dengan sistem putus dengan harga sekian juta. Atau penulis naskah juga berhak mendapatkan royalty sekian persen dari penjualan. Win-win solution bukan ?

Cara menghasilkan Uang dari Instagram
Salah satu karya sahabat saya berjudul Sudahi atau Halalkan di Gramedia.
  1. Beternak Akun Instagram

Beternak akun juga menjadi peluang yang tidak kalah menggiurkan untuk menghasilkan uang.

Salah satu syarat untuk bisa menjalankan model bisnis ini adalah memiliki akun yang besar.

Nantinya, akun besar ini akan mempromosikan akun baru yang lebih kecil followernya. Saat sudah dakam jumlah cukup besar, anda bisa menjual akun baru tersebut.

Banyak sekali orang yang ingin berbisnis dengan Instagram tapi merasa capek memulai optimasi dari nol.

Harus saya akui, memulai dari nol membutuhkan usaha yang ekstra. Disinilah peran utama para penjual akun untuk mendapatkan keuntungan.

Berapa harga yang pantas untuk menghargai akun tersebut ? Entahlah, sampai saat ini, tidak ada standar baku mengenai patokan harga penjualan akun Instagram.

Semakin hari, saya lihat trend-nya malah semakin turun. Para admin cenderung banting-bantingan harga untuk menjual akun mereka.

Saya sendiri beserta beberapa admin sepakat memasang standar harga sendiri. Harga yang kami patok untuk akun publik adalah 2 juta rupiah per 10k followers.

Untuk akun bekas olshop, saya sendiri tidak tahu patokan harganya kerena tidak pernah menjualnya. Tentu dengan syarat akun yang kami jual sangat berkualitas dan bukan akun bekas.

  1. Menjadi Endorser

Ini cara menghasilkan uang yang paling hits saat ini di Instagram. Endorser merupakan seseorang yang mempromosikan suatu produk atau jasa kepada followers yang dimilikinya.

Endorser akan mendapatkan balas jasa tertentu sesuai kesepakatan dari pemilik produk atau jasa yang di promosikan.

Ada Endorser yang sama sekali tidak memasang tarif untuk memberikan endorse, cukup dengan mengirimkan produk atau jasa yang ingin di promosikan.

Namun ada juga yang mensyaratkan harus membayar sejumlah uang tambahan selain produk yang di endorse. Beda-beda memang.

Tarif endorse pun bervariatif, tergantung jumlah followers dan tingkat popularitas akun.

Kalau artis, biayanya bisa mencapai puluhan juta rupiah untuk sekali endorse. Beda lagi bisa yang melakukan endorse adalah akun publik atau selebgram. Tergantung kebijakan masing-masing.

  1. Menjadi Kuis Hunter

Nah, ini juga menjadi peluang menarik. Kita tahu, banyak sekali kuis-kuis yang berterbaran do jagad Instagram yang diadakan baik itu oleh toko online, ataupun perusahaan berskala Internasional.

Model kuis yang diselenggarakan pun beragam. Mulai dari yang hanya sekedar repost dan mention, hingga adu kreativitas berbentuk video. Anda bisa mencari kuis ini dengan hashtag seperti #kuis, #quis, #photochallenge, #photocompetition dll.

Lupakan dulu gengsi yang anda miliki kalau ingin menjadi kuis hunter. Tak jarang seorang kuis hunter dituntut menjadi lebih eksis dan narsis demi memenangkan perlombaan.

  1. Menjadi Media Partner dalam Event

Kita sering melihat banyak acara yang dipublikasikan dengan menggunakan media sosial seringkali berkolaborasi dengan banyak akun-akun besar.

Kebanyakan para penyelenggara event akan menghubungi akun-akun publik terkenal yang sesuai dengan tema acara lalu meminta kesediaan menjadi media partner dalam mempromosikan acara tersebut.

Biasanya, ada balas jasa yang diberikan oleh panitia kepada pemilik akun. Bisa saja dalam bentuk uang, ataupun dalam bentuk barang.

Saat masih menjadi admin akun travelling, saya kerap kali dihubungi oleh pemilik outdoor gear dan meminta menjadi media partner untuk event yang mereka adakan.

Memang, saya tidak pernah mendapatkan uang dari hasil media partner ini. Tapi mereka memberikan produk sebagai bentuk terima kasih. Bahkan beberapa kali saya dibebaskan untuk memlilih produk yang saya inginkan. Asik atau asik ?

  1. Menjual Foto atau Jasa Fotografi

Tanpa disadari, Instagram melahirkan banyak sekali fotografer-fotografer berbakat. Ini terlihat dari banyaknya para pengguna Instagram yang memiliki Gallery yang sangat menarik.

Untuk anda yang memang hobi fotografi, tidak ada salahnya membuat Instagram sebagai gallery narsis anda. Jangan lupa cantumkan watermark pada setiap karya yang di tampilkan.

Dari gallery ini, secara tidak langsung anda sudah membangun kepercayaan orang lain akan kemampuan fotografi anda. Anda bisa menawarkan diri untuk membuka jasa fotografi dengan mencantumkan kontak yang bisa dihubungi pada bagian profil.

Atau, bisa juga menjual foto hasil karya anda pada situs https://www.twenty20.com/ atau situs sejenis.

  1. Membuka jasa pemasangan Instagram Ads

Ini merupakan tahapan yang sangat advance. Seperti yang kita tahu, Instagram membuka layanan resmi untuk beriklan sesuai dengan kriteria audience yang diinginkan.

Harus diakui, masih sangat sedikit orang Indonesia yang bisa memanfaatkan jasa ini. Selain karena kendala Bahasa, pengaturan yang cukup rumit serta ketidakpastian akan hasil menjadi permasalahan banyak marketer.

Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka jasa pemasangan iklan di Instagram.

Tentu dengan syarat, anda adalah benar-benar seorang expert yang memahami seluk beluk pemasaran di Instagram. Saran saya, jadilah praktisi yang beriklan dulu di Instagram selama 1 tahun sebelum membuka jasa ini.

Potensi peluang bisnis ini sangatlah besar. Jumlah pengguna Instagram semakin tumbuh dan jumlah akun bisnis di Instagram semakin banyak. Berdasarkan data dari blog Instagram, saat ini jumlah pengiklan mencapai 500.000 dan nilai tersebut naik 2 kali lipat hanya dalam waktu 6 bulan saja.

 

Cara menghasilkan Uang dari Instagram
Penampakan Instagram Ads / Pict : screenshot dari Aku Laku Indonesia dan KitaBisa

Bagaimana Kalau Akun Saya Followernya Masih Sedikit ?

Ini menjadi momok sendiri bagi anda yang masih pemula atau sudah lama berkecimpung dalam dunia Instagram tapi masih memiliki jumlah follower yang sedikit. Berapa jumlah follower yang sedikit ini ?

Kita sepakati saja 10k untuk akun publik dan 1k untuk akun olshop.

Tapi anda tidak perlu khawatir, berikut saya berikan beberapa alternatif yang bisa mempercepat proses agar anda segera bisa menghasilkan uang :

  • Beli akun Instagram

Untuk anda yang tidak mau repot, cukup beli saja akun Instagram yang sudah siap pakai. Pastikan akun tersebut memang berkualitas dan layak untuk dikomersilkan.

Jangan sekali-kali membeli akun bekas hasil fake followers. Saya menulis tentang bagaimana membeli akun berkualitas pada artikel ini, silakan dibaca ya. Semakin besar jumlah follower dari akun yang anda beli, semakin mudah monetisasi yang dilakukan terhadap akun tersebut.

  • Kuasai penggunaaan aplikasi optimasi Instagram

Sebenarnya, tidak harus juga memiliki memiliki followers dalam jumlah besar untuk menghasilkan uang.

Banyak sekali aplikasi yang bisa membantu kita dalam hal optimasi Instagram sehingga kita bisa mendapatkan uang bahkan dengan followers dari nol sekalipun.

Salah satu aplikasi yang saya rekomendasikan adalah Gramcaster. Anda bisa membaca review saya tentang aplikasi ini pada artikel berikut. Dengan aplikasi ini, bahkan anda bisa membuka jasa optimasi tambah followers dan manajemen konten kepada klien anda.

Bisa juga diterapkan pada olshop untuk memburu followers tertarget.

  • Kuasai ilmu desain konten sederhana

Konten yang menarik dan berkualitas adalah kunci dari pengelolaan akun Instagram. Pastikan anda menguasai ilmu ini. Belajarlah membuat konten sederhana tapi powerful.

Jangan malas, ada banyak sekali aplikasi desain yang memudahkan di luar sana. Sebut saja Canva, Unfold, Snapseed, Picsart, dll. Tinggal download di playstore.

Hanya dengan bermodalkan smartphone saja sudah cukup untuk membuat konten yang berkualitas.

Ada banyak ide yang bisa anda explore. Misalkan membuat konten berisikan quote, motivasi, galau, curhat dll.

Jangan manja, paksa dirimu. Semua akan terasa nikmat bila rupiah mulai mengalir ke rekening.

Penutup

Menghasilkan uang dari Instagram boleh dibilang gampang-gampang sulit. Meskipun hanya kelihatan seperti bermain, ada ketekunan dan kegigihan yang harus dibayar.

Silakan praktikkan cara-cara di atas sesuai dengan keahlian dan kondisi anda. Coba satu cara dulu, bila sudah berhasil baru beralih ke cara lain. Jangan menjadi kutu loncat yang sibuk mencoba berbagai cara sehingga membuang waktu secara percuma.

Fokus itu penting.

Saya tekankan juga bahwa memiliki akun Instagram dengan jumlah followers besar itu penting lho. Banyak hal-hal menarik yang bisa anda lakukan dengan dengan akun tersebut.

Terakhir, jangan hanya jadi penonton. Jadilah pemain di dalamnya.