Cara Scheduling Tweet dengan Mudah Menggunakan Aplikasi Gratisan

Yakk ada yang mau tahu cara Scheduling Tweet (penjadwalan tweet) dengan mudah menggunakan aplikasi gratisan ? Kalau untuk yang berbudget besar, saya rasa tidak usah pusing memikirkan bagaimana cara schedule tweet ini. Cukup gunakan saja aplikasi-aplikasi berbayar yang tentunya sudah sangat banyak. Nah masalahnya kalau budgetnya minim (kayak saya), lalu bagaimana menyiasati scheduling tweet tersebut ?

Mau tidak mau, karena budget minim, maka kita harus sedikit kreatif dalam hal ini. Tidak dipungkiri, masih banyak aplikasi-aplikasi yang menyediakan fitur scheduling tweet secara gratis. Tentunya, aplikasi ini tetaplah powerfull meskipun gratisan. Oo iya, saya perjelas ya, di artikel ini, saya hanya memberikan tips tentang bagaimana scheduling tweet dengan aplikasi gratisan. Bukan bagaimana caranya anda bisa mendapatkan bahan ngetweet dengan mudah lalu bisa schedule dengan mudah. Sebelum praktek tips yang ada di artikel ini, ada baiknya anda menyiapkan tweet sebanyak mungkin.

1. Grabinbox

Grabinbox merupakan salah satu aplikasi gratis yang bisa digunakan untuk manajemen social media, salah satunya twitter. Dengan aplikasi ini juga, kita bisa mengatur otomatisasi tweet sehingga akan memudahkan pekerjaan kita.

 

Ada 2 pilihan schedule tweet yang ditawarkan oleh Grabinbox :

  • Schedule Tweet Biasa

    Artinya, kita akan mengatur melakukan pengaturan dimana tweet akan keluar sesuai dengan jam yang kita inginkan. Kelemahan fitur ini pada grabinbox adalah kita hanya bisa menggunakannya per 15 menit waktu. Jadi, dalam1 jam, kita hanya bisa schedule 4 tweet dalam waktu yang berbeda. Saya pribadi merasa fitur ini tidak terlalu efektif mengingat kita harus mengatur jadwal keluarnya tweet secara manual. Dari fitur yang disediakan, grabinbox juga mengakomodir schedule tweet dengan gambar. Tapi saya pribadi sering menumkan error saat upload gambar menggunakan aplikasi ini. Untuk kasus yang ini, silakan di cek sendiri ya. Tweet yang sudah di schedule bisa di cek di bagian kiri bawah pada tab schedule message.

 

 

  • Queue Tweet

Nah, ini fitur yang paling saya suka dan menjadi kelebihan utama dalam grabinbox. Queue tweet merupakan fitur schedule tweet dimana kita hanya perlu mengatur tweet mana saja yang akan dijadwal tanpa perlu mengatur kapan waktu tweet akan keluar. Tweet secara otomatis akan keluar pada waktu-waktu yang telah diatur oleh Grabinbox sendiri. Perhitungan waktu ini berdasarkan data dari grabinbox yang bisa menganalisa kapan waktu ngetweet terbaik.

Untuk memaksimalkan fitur ini, ada baiknya kita melakukan pengaturan awal terkait jumlah tweet dan periode tweet akan keluar sehingga nanti tweet akan muncul di waktu-waktu yang kita inginkan. Untuk melakukan ini, silakan masuk ke tab setting seperti gambar di bawah ini :

Kemudian pilihlah akun yang akan kita atur waktunya, dan akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Terlihat bahwa kita bisa mengatur jumlah tweet yang akan keluar beserta perkiraan waktunya. Saran saya, aturlah tweet muncul pada pagi hari sekitar jam 6-9, siang hari jam 12.00-14.00, lalu sore hingga malam hari pada jam 16-22.00. Untuk jumlah tweetnya, silakan sesuaikan dengan kemampuan anda ya.

 

Grabinbox sangat cocok digunakan untuk jenis tweet yang sifatnya random. Misalkan, quote, banyolan, informasi berita dsb. Hal ini dikarenakan tweet akan keluar pada waktu yang kita sendiri tidak bisa kita tentukan sehingga lebih baik jika tweet yang di schedule adalah tweet yang independen atau tweet yang tidak memiliki hubungan dengan tweet lainnya.

Oo iya hampir lupa, dengan grabinbox,teman-teman juga bisa mengatur satu tweet untuk banyak akun sekaligus (bulk tweet). Jadi jika anda memiliki banyak akun yang memiliki tipe tweet sejenis, cukup queue tweet saja dan set kumpulan akun menjadi satu bucket sehingga 1 tweet ini bisa langsung terjadwal ke banyak akun di bucket tersebut.

“Grabinbox sangat powerfull pada fitur queue tweet”

2. Tweetdeck

Ini aplikasi udah pada tahu semua kayaknya ya. Tweetdeck merupakan aplikasi manajemen twitter dimana kita bisa mengatur banyak akun sekaligus. Dalam optimasi schedule tweet, tweetdeck bisa digunakan untuk tweet yang sifatnya berkaitan seperti kultwit. Bisa juga digunakan untuk schedule tweet yang isinya merupakan promosi dari produk anda. Kelebihan tweetdeck ini adalah kita bisa mengatur schedule tweet sesuka hati kita bahkan dengan gambar sekalipun. Kelemahannya, kita tentu harus mengatur satu per satu tweet yang akan di schedule karena tweetdeck tidak memiliki fitur queue seperti grabinbox.

“Tweetdeck cocok digunakan untuk kultwit dan promosi”

3. Buffer

Masih seperti 2 aplikasi di atas, buffer memiliki fungsi manajemen sosial media yang sangat baik. Buffer memiliki 2 versi yaitu berbayar dan gratis. Untuk versi gratis, kita bisa mengatur schedule tweet sesuai dengan waktu yang telah kita tentukan sebelumnya. Karena ini versi gratis, kita hanya bisa mengatur queue tweet sebanyak 10 tweet. Kelebihannya, kita bisa mengatur sendiri waktu keluar tweet pada fitur schedule terlebih dahulu, sehingga berikutnya kita hanya fokus pada isi tweet saja tanpa perlu memikirkan waktu. Buffer ini cocok untuk aplikasi tweet yang sifatnya promosi produk.

“Buffer cocok digunakan untuk tweet promosi”

3 aplikasi ini saya rasa cukup untuk schedule tweet bagi pengguna twitter marketing bermodal tipis kayak saya. Banyak sekali aplikasi-aplikasi sejenis yang bisa kita gunakan untuk melakukan penjadwalan tweet. Berdasarkan pengalaman saya, kombinasi 3 aplikasi ini sudah sangat memenuhi kebutuhan saya.

Kalau anda memiliki pendapat lain tentang aplikasi yang baik digunakan untuk schedule tweet, silakan tulis di kolom komentar ya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Happy Tweeting ­čśÇ