Review Buku : The 7 Habits of Highly Effective People

Mulai tahun ini, saya ingin mengubah banyak hal. Salah satu hal yang ingin saya ubah adalah kebiasaan membaca. Saya tipe orang yang senang membeli buku, tapi kurang semangat dalam membaca hingga akhir. Tahun ini, saya berkomitmen untuk menyelesaikan setidaknya membaca 1 buku setiap bulan. Semoga tercapai !

Di sisi lain, saya juga ingin meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris. Terhitung Desember 2018, saya genap 4 tahun bekerja dan saya ingin sekali melanjutkan studi ke luar negeri. Salah satu syarat yang harus terpenuhi adalah nilai TOEFL yang mencapai 550. Untuk menyiasati kedua tujuan ini, maka cara terbaik yang bisa mendongkrak keduanya adalah dengan membaca buku berbahasa Inggris.

7 Habits of Highly Effective People merupakan karya fenomenal dari Stephen Covey. Buku ini terjual lebih dari 25 juta copy di seluruh dunia. Bila di Amerika buku terlaris diberi label, New York Best Seller, maka buku ini mendapatkan predikat Timeless Best Seller. Semacam penghargaan untuk buku yang benar-benar laris dan tidak lekang oleh waktu.

 

Sekilas tentang Buku 7 Habits of Highly Effective People

7 Habits of Highly Effective People terbit pada tahun 1989. Sudah 29 tahun buku ini mengudara di muka bumi dan memberi inspirasi bagi para pembacanya. Buku. Dalam perjalananya, buku ini sudah memberi inspirasi bagi banyak sekali pembacanya. Segudang testimoni dari berbagai tokoh sudah pernah didapat oleh buku ini. Tidak heran bila diberikan predikat sebagai salah satu buku terlaris di dunia.

Setahu saya, beberapa perusahan berskala Nasional dan Multinasional selalu rutin memberikan training 7 Habits of Highly Effective People kapeada karyawannya. Hal ini untuk menjaga semangat dan motivasi dari seluruh jajaran perusahaan sehingga mampu mempertahankan prestasi kerja. Beberapa buku leadership lokal pun banyak yang saya lihat meniru-niru konsep dari buku ini.

Buku ini bukanlah buku instan yang terbit dalam waktu cepat. Saya menyimpulkan bahwa butuh waktu bertahun-tahun bagi Stephen untuk benar-benar membuat buku ini sebagai sebuah masterpiece yang sangat berkelas. Banyak kisah dan pengalaman menarik yang bisa kita jadikan pelajaran untuk merubah diri. Perlu riset mendalam, perenungan, dan waktu khusus yang harus diluangkan sehingga tulisan ini bisa bermakna bagi banyak orang.

Buku-7-Habits-Of-Highly-Effective-People

Kenapa anda perlu membaca buku ini

  1. Berisi hal yang fundamental

7 Habit of Highly Effective People bukanlah berisi teknik-teknik rumit yang sulit untuk diterapkan dalam kehidupan. Buku ini murni menjelaskan kebiasaan-kebiasaan dasar yang menjadi pondasi dalam kehidupan tapi seringkali dilupakan oleh banyak orang.

Di dalam buku ini, dijelaskan ada 7 hal yang mampu mengubah hidup seseorang. Tentu hal-hal ini mampu mengubah hidup bila dipalikasikan ya. Bila hanya dibaca saja, sampai kiamat pun jelas tidak ada yang berubah dari hidup kita.

Dimulai dari habits pertama yang menjelaskan bahwa kita adalah manusia yang memiliki kontrol terhadap kehidupan. Kita adalah mahkluk yang bebas menentukan pilihan terhadap hal-hal yang terjadi dalam kehidupan. Saat emosi meninggi, kita bisa memilih untuk meluapkannya dalam bentuk amarah, atau meredamnya dalam bentuk sabar.

Lanjut habits kedua yang menjelaskan agar sebagai manusia kita memiliki tujuan hidup yang jelas. Tujuan tersebut ditulis dalam bentuk langkah kongkrit sehingga kita bisa mengetahui dengan spesifik apa yang sebenarnya kita inginkan di dunia ini.

Habits ketiga berisi tentang bagaimana kita mengatur hidup dengan mengetahui skala prioritas. Habits ini mengajarkan kita bagaimana mengelola waktu yang terbatas sehingga memiliki dampak yang signifikan terhadap tujuan hidup yang sudah ditetapkan sebelumnya. Bab ini sangatlah menarik karena memberikan penjelasan dengan model-model kuadran yang menarik.

Habits keempat berisi tentang pola pikir dengan orang lain yang selalu berusaha untuk menemukan kedua belah pihak. Habits ini menjelaskan bagaimana sikap dasar kita berinteraksi dengan sesama dan menahan diri agar tidak menjadi egois. Habits ini juga memberikan penjelasan bagaimana mengambil pilihan yang tepat di tengah banyaknya pilihan yang ada.

Habits kelima berisi adalah tentang bagaimana memahami orang lain, sebelum meminta dimengerti oleh orang lain. Bila biasanya, kita ingin sekali memaksakan apa yang kita kehendaki, habits ini mengajarkan kita pentingnya memahami kondisi orang lain sebelum orang lain memahami kondisi kita. Bila kita sudah terbiasa dengan hal ini, maka banyak hal baik yang akan terjadi dalam hubungan keseharian.

Habits keenam mengajarkan kita pentingnya bekerja sama dan bersinergi dengan orang lain. Di zaman yang semakin berkembang, bekerja sama dengan orang lain sangatlah penting untuk mendukung kesuksesan. Bekerja sama disini bukan hanya sekedar dalam urusan bisnis atau pekerjaan, tapi juga dalam keluarga, pendidikan, lingkungan sosial dll.

Habits ketujuh mengajarkan untuk mengasah diri agar lebih baik setiap harinya. Bagaimana sebagai manusia kita memanfaatkan apa yang ada di dalam diri. Bagaimana kita mengasah gergaji sebelum memotong kayu. Ada 4 aspek yang perlu terus diasah dalam habits ini. Aspek fisik, spiritual, sosial, emosional. Dengan meluangkan waktu minimal 1 jam per hari, kita bisa mengasah 4 aspek ini untuk semakin meningkatkan kapasitas diri kita.

 

  1. Mudah Diaplikasikan

Pertanyaan berikut yang sering terbayang saat membeli buku ini adalah apakah mungkin menerapkan buku ini dalam kehidupan  sehari-hari ? Jawabannya sangat mungkin. Perlahan-lahan anda membaca buku ini, anda akan menemukan petunjuk dan petuah yang langsung bisa anda terapkan saat itu juga. Betapa sebenarnya, banyak hal-hal kecil yang bisa kita lakukan namun berdampak besar bagi kehidupan.

Salah satu Quote yang sangat saya suka di buku ini adalah “Between stimulus and response, you have freedom to choose.” Saya benar-benar tertohok saat membaca quote ini. Ternyata, banyak sekali hal yang terjadi namun bisa untuk kita sikapi secara bijak. Bahkan, kita pun bisa mengubah kejadian negatif menjadi positif dengan mengubah prasangka dan sudut pandang.

  1. Disertai contoh kasus

Stephen tidak hanya sekedar memberikan teori, tetapi juga aplikasi dari teori yang ia jelaskan entah itu dalam kehidupan rumah tangga ataupun sosial. Dengan disertai praktek seperti ini, kita bisa merasakan bagaimana dampak dari setiap habits yang kita lakukan setiap harinya. Kita pun tidak akan terbuai dengan angan-angan dan motivasi belaka.

  1. Alur penjelasan yang sistematis dan menarik

Buku ini disusun sedemikian rupa sehingga kita tidak akan bosan membacanya. Pemilihan kata juga menarik sehingga membuat pembaca tetap betah untuk berlama-lama dengan buku ini. Antar bab ditulis dengan penjelasan yang saling berhubungan sehingga kita akan tahu bagaimana membuat habits ini saling mendukung satu sama lain.

  1. Cocok bagi segala kalangan

Buku ini berisi prinsip dasar yang bisa membuat kehidupan kita berubah. Karenanya, semua kalangan sangat cocok untuk membaca dan menerapkan isi buku ini. Entah dia pekerja, atau ibu rumah tangga. Mahasiswa atau karyawan. Pebisnis ataupun sekelas manager. CEO atau tokoh publik sekalipun.

 

Kekurangan buku ini

Tak ada gading yang tak retak, begitu juga buku ini. Saya sendiri menemukan sedikit kekurangan saat menikmati 7 Habits of Highly Effective People. Terutama pada bagian habits 6 dan 7. Saya merasa Stephen terlalu terburu-buru menjelaskan 2 habits ini sehingga terasa masih kurang sreg. Tidak seperti 5 habits lainnya, 2 habits terakhir memiliki jumlah halaman yang lebih ringkas dan contoh yang lebih sedikit dibandingkan dengan habits lainnya.

 

Penutup

Tidak salah buku ini mendapat predikat sebagai Timeless Best Seller. Isinya benar-benar sederhana namun mampu memberikan perubahan bagi diri seseorang. Stephen mendesain buku ini sebagai pondasi dasar yang bisa menguatkan kepribadian seseorang sehingga bisa berdampak dalam kehidupan entah itu rumah tangga, karier, bisnis, ataupun kepemimpinan.

Keseluruhan isi buku ini mampu membuat pandangan seseorang terhadap kehidupan berubah drastis. Hal-hal kecil dan sederhana yang ada di sekitar kita ternyata bisa memberikan dampak yang signfikan terhadap perubahan hidup yang kita jalani. Sekarang, tinggal kita yang memilih. Ingin berubah atau tidak ?

 

Bila dalam skala 1-10, maka 9,5 sangat cocok untuk buku ini.